18 September 2024

Perbedaan Mendasar Struktural Nahdlatul Ulama Dengan Badan Otonom

SHARE

Perbedaan mendasar antara Nahdlatul Ulama (NU) dan Badan Otonom (Banom) NU adalah bahwa NU organisasi Islam, sedangkan Banom adalah perangkat organisasi yang menjalankan program NU. Pembahasan terkecil dari perbedaan itu berupa structural jabatan dan tingkatan. Mari kita perkecil perbedaan mendasar yang sering orang tidak tahu bahkan keliru dalam penyebutan.

 Baca Juga : Nama Kabupaten Pemalang

Dalam structural Nahdlatul Ulama disemua tingkatan menggunakan kata Pengurus, sedang badan otonom (Banom) Pimpinan. Pengurus menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah orang yang mengurus atau sekelompok orang yang mengurus. Dari pengertian ini dan dalam konteks organisasi NU, Pengurus NU bisa bermakna untuk menyebut struktur organisasi (bersifat kolektif), atau untuk menyebut personal seorang pengurus NU (bersifat individual). Seperti tertuang dalam anggaran dasar anggaran rumah tangga Nahdlatul Ulama bab VI tentang struktur dan perangkat perkumpulan.

Kekeliruan yang sering salah penyebutan atau juga penulisan dalam surat berupa ketua syuriyah, yang menjadi cukup fatal adalah penyebutan atau penulisan ketua syuriyah dilakukan dikalangan NU sendiri. Dalam bab VII tentang kepengurusan pasal 14 menerangkan kepengurusan NU terdiri dari Mustasyar, Syuriyah dan Tanfidziyah, didalam bab VII diterangkan bahwa Syuriyah adalah pimpinan tertinggai Nahdlatul Ulama sedangkan tanfidziyah adalah pelaksana. Jadi jelas tidak ada sturktur dalam NU yang menerangkan bahwa Rois Syuriyah bukan ketua syuriyah. Syuriah bertugas dan berwenang membina dan mengawasi pelaksanaan keputusan-keputusan perkumpulan sesuai tingkatanya.


Berikut Penulisan dan Penyebutan yang benar dalam struktur organisasi Nahdlatul Ulama dan Badan Otonom :

PBNU           Pengurus Besar                        PP                Pimpinan Pusat
PWNU          Pengurus Wilayah                    PW              Pimpinan Wilayah
PCNU           Pengurus Cabang                     PC               Pimpinan Cabang
PCINU          Pengurus Cabang Istimewa     PCI              Pimpinan Cabang Istimewa
MWCNU      Pengurus MWCNU                 PAC             Pimpinan Anak Cabang
PRNU           Pengurus Ranting                    PR                Pimpinan Ranting
PARNU        Pengurus Anak Ranting           PAR             Pimpinan Anak Ranting
MENGGUNAKAN KATA PENGURUS    MENGGUNAKAN KATA PIMPINAN



Sumber : AD/ART NU 2022

SHARE

Admin :

Website Resmi Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama yang dikelola oleh Pengurus NU Care - Lazisnu Desa Banglarangan Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Email : lazisnubanglarangan@gmail.com

0 Comments: